Alat Penyeduh Kopi Otomatis Berbasis Mikrokontroller

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suci Indah Fitri
Juli Sardi

Abstract

Di dunia yang serba otomatis dan semakin maju, banyak diciptakan alat untuk membantu dan memudahkan pekerjaan manusia. Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat diminati oleh masyarakat. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi  oleh masyarakat adalah rasa hasil pembuatan kopi yang berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat alat penyeduh kopi otomatis yang memiliki 4 varian rasa yaitu cappucinno, torabika, coffeemix dan kopi hitam. Penelitian ini membuat alat yang mencakup hardware dan software. Hardware meliputi arduino mega 2560 sebagai pemoresesan kendali kontroller, sensor suhu DS18B20 sebagai mendeteksi suhu pada tabung air, motor servo sebagai membuka dan menutup tutup botol kopi, tombol push button sebagai tombol pembuat kopi, motor dc sebagai konveyor , LCD sebagai tampilan informasi jenis kopi dan nilai suhu pada tabung air dan software arduino IDE untuk pengodean sistem. Setelah dilakukan beberapa percobaan, semua komponen dalam sistem ini mampu bekerja sesuai dengan tujuan penelitian. Alat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh penikmat kopi dalam membuat kopi secara otomatis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitri, S., & Sardi, J. (2020). Alat Penyeduh Kopi Otomatis Berbasis Mikrokontroller. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 280-287. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.96

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.