Perancangan Sistem Kontrol Ketinggian Air Sawah Berdasarkan Usia Tanaman Padi Menggunakan Arduino Mega 2560

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widia Apriyunike
Juli Sardi

Abstract

Pengaturan ketinggian air merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani saat ini adalah mengalami kesulitan dalam mengatur ketinggian air sawah karena sering kali petani pulang pergi dari rumah kesawah hanya untuk membuka dan menutup saluran air. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan sistem kontrol ketinggian air secara otomatis sesuai dengan kebutuhan air berdasarkan usia tanaman padi. penelitian ini membuat prototipe yang terdiri dari software arduino IDE untuk pengkodean sistem dan hardware yang dilengkapi dengan arduino mega 2560, sensor water level, motor servo, real time clock (RTC), tombol push button, driver relay, pompa air, dan LCD. Setelah dilakukan beberapa percobaan,  semua bagian dalam sistem ini mampu bekerja sesuai dengan tujuan penelitian. Alat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh petani untuk mengatur ketinggian air sawah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Apriyunike, W., & Sardi, J. (2020). Perancangan Sistem Kontrol Ketinggian Air Sawah Berdasarkan Usia Tanaman Padi Menggunakan Arduino Mega 2560. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 26-31. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.