Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Suhu Air pada Kolam Ikan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sandya Pratisca
Juli Sardi

Abstract

Pemberian pakan ikan sangat erat kaitannya dengan laju pertumbuhan dan perkembangan ikan. Permasalahan yang dihadapi peternak adalah biaya produksi pakan ikan yang terkadang mahal dan strategi pemberian pakan yang tidak efektif dan efisien karena takaran pakan yang diberikan tidak sesuai dengan suhu air pada kolam yang berpengaruh terhadap nafsu makan ikan. Penelitian ini membuat alat mencakup hardware dan software. Hardware meliputi arduino 2560, sensor ultrasonik HC-SR04, sensor suhu DS18S20, sensor loadcell, real time clock (RTC), motor servo, motor DC, buzzer, LCD dan software arduino IDE untuk pengkodean sistem. Setelah dilakukan beberapa percobaan, semua komponen dalam sistem ini mampu bekerja sesuai dengan tujuan penelitian. Alat ini bisa menjadi alternatif yang bisa diterapkan oleh peternak dalam pemberian pakan ikan secara efisien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratisca, S., & Sardi, J. (2020). Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Suhu Air pada Kolam Ikan. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 193-200. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.81

References

[1] M. S. Daulah, D. Syauqy, and R. Primananda, “Implementasi Protokol MQTT Pada Monitoring Suhu Dan Ketersediaan Pakan Ikan Pada Akuarium,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X, 2018.
[2] P. C. Sihombing, “Pengaruh Perbedaan Suhu Air Terhadap dan Kelangsungan Benih Hidup Ikan Nila (Oreochromis Niloticus,” Repos. Institusi USU, 2018.
[3] F. K. Alblitary, “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Pada Kolam Ikan Gurami Berbasis Arduino.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.
[4] D. M. Kelabora, “Pengaruh suhu terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan larva ikan mas (Cyprinus carpio),” Berk. Perikan. Terubuk, vol. 38, no. 1, 2010.
[5] R. Suharmon, “Perancangan alat pemberi makan ikan otomatis dan pemantau keadaan akuarium berbasis mikrokontroler ATmega8535,” 2014.
[6] D. T. Gandara and S. Nuryadi, “PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS DENGAN PENGONTROLAN SUHU DAN KEJERNIHAN AIR Berbasis Arduino.” University of Technology Yogyakarta, 2018.
[7] Afdhal Rafif, Perancangan Kontrol Ketinggian Air dan Pemberian Pakan Ikan pada Sistem Mina Padi Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Padang, 2019.
[8] S. Raharjo, E. Kurniawan, and E. D. Nurcahya, “SISTEM OTOMATISASI FOTOSINTESIS BUATAN PADA AQUASCAPE BERBASIS ARDUINO,” KOMPUTEK, vol. 2, no. 1, pp. 39–49, 2018.
[9] A. S. A. Putri, A. Rasyid, and A. W. Purwandi, “Smart cat home dengan sistem kontrol yang menggunakan aplikasi telegram,” J. Jartel J. Jar. Telekomun., vol. 8, no. 1, p. 168, 2019.
[10] R. A. W. Putra, E. Firmansyah, and F. D. Wijaya, “Metode six step comutation pada perancangan rangkian kendali sensored motor brushless direct current,” J. Penelit. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, 2014.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.