Alat Pengering Gabah Berbasis Microcontroller Dengan Sensor DHT22

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khairul Hazhar
Juli Sardi

Abstract

Pengaturan kelembaban air pada gabah merupakan faktor yang sangat penting dalam  menentukan mutu gabah. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh petani saat ini adalah mengalami kesulitan dalam proses pengeringan gabah karena proses penjemuran gabah petani masih mengunakan sinar matahari dan membutuhkan waktu yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pengering gabah  secara otomatis mengunakan sensor dht22. Penelitian ini membuat prototipe yang terdiri dari pembuatan perangkat keras (hardware) yang meliputi arduino uno, heater, sensor dht22, fan, relay, buzzer,  dan LCD dan perangkat lunak (software) arduino uno digunakan sebagai pusat kontroller dari alat ini. Setelah dilakukan beberapa percobaan, semua komponen dalam siytem ini mampu bekerja sesuai dengan tujuan penelitian. Alat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh petani dalam menurunkan kadar air pada gabah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hazhar, K., & Sardi, J. (2020). Alat Pengering Gabah Berbasis Microcontroller Dengan Sensor DHT22. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 255-260. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.93

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.