Perancangan Keamanan Brangkas Berbasis Arduino dan Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Melina Raudiah
Elfizon Elfizon

Abstract

Brangkas adalah sebuah tempat penyimpanan barang sementara yang dilindungi menggunakan kunci. Pada umumnya, system keamanan brangkas yang ada pada saat ini masih menggunakan sistem kunci konvesional atau manual, sehingga kurang aman dan efektif untuk menjamin keamanan barang yang ada didalam brangkas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat brangkas jenis digital yang dapat diakses melalui aplikasi pada android untuk membuka pintu serta dilengkapi dengan speaker yang berbunyi jika terjadi pembobolan pada brangkas. Penelitian ini terdiri dari pembuatan perangkat keras (hardware) yang terdiri dari keypad, limit switch, buzzer, modul mp3, relay, dan LCD, serta perangkat lunak (software) BLYNK yang terdapat pada smartphone dan arduino uno sebagai pemprosesan data utama. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa hardware dan software pada perancangan sistem keamanan brangkas berbasis arduino dan android maka diperoleh kesimpulan yaitu perancangan sistem keamanan brangkas berbasis arduino dan android dirancang secara otomatis sehingga alat ini mampu bekerja sesuai dengan perencanaan awal yaitu dapat memberi peringatan ketika terjadinya pembobolan pada brangkas dengan adanya bunyi alaram.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Raudiah, M., & Elfizon, E. (2020). Perancangan Keamanan Brangkas Berbasis Arduino dan Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 246-250. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.80

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.