Rancang Bangun Pengering Biji Kopi Berbasis Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahma Guslinda Sari
Elfizon Elfizon

Abstract

Kopi merupakan jenis tanaman perkebuanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, Proses dalam pengeringan kopi biasanya dilakukan secara alami dengan menggunakan panas matahari, namun hal tersebut kurang efektif karena akan membutuhkan tempat luas dan waktu lama. Maka ketika hujan proses pengeringan akan terhambat, Dengan itu dibutuhkan alat pengering kopi yang dapat digunakan dalam setiap keadaan yang tidak tergantung pada keadaan cuaca sebagai syarat dalam pengeringan. Penelitian ini membuat alat pengering yang terdiri dari Heater sebagai sumber panas udara dalam pengering, sensor SHT11 sebagai pendeteksi suhu dan kelembapan, Arduino uno sebagai mikrokontroler terhubung dengan Android yang terkoneksi melalui Bluetooth HC05, Android digunakan sebagai pengontrolan dan memonitoring suhu pada alat pengering, Buzzer digunakan untuk pemberitahuan bahwa alat pengering telah aktif dan dinonaktifkan, maka alat ini akan mempermudah pengeringan dalam setiap keadaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, R., & Elfizon, E. (2020). Rancang Bangun Pengering Biji Kopi Berbasis Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 212-217. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.79

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.