Perancangan Sistem Keamanan Ruangan Akibat Kebocoran Gas Berbasis Internet of Things (IoT)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indra Maidoni
Elfizon Elfizon

Abstract

Peranan gas LPG pada saat ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia baik di rumah tangga maupun di industri. Namun, gas  dapat berdampak negatif, terutama bila tidak diketahui telah terjadi kebocoran dari tabung atau tempat penyimpanan gas LPG (liquefied Petroleum Gas) tersebut. Untuk itu tugas akhir ini bertujuan untuk membuat perancangan sistem keamaanan ruangan akibat kebocoran gas berbasis internet of things (IoT), dimana menggunakan sensor MQ-6 dan sensor MQ-2 untuk mendeksi gas ataupun asap kemudian secara otomatis sistem akan mensterilkan ruangan dari gas yang masuk keruangan tersebut,  sistem juga dilengkapi dengan hidran apabila terjadi kebakaran  dan notifikasi yang terhubung dengan jaringan menggunakan modul ESP8266 yang akan mengirim kan data atau notifikasi ke aplikasi whattsap apabila terjadi kebocoran gas ke pemilik ruangan yang tidak ada ditempat sehingga pemilik ruangan tau telah terjadi kebocoran gas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maidoni, I., & Elfizon, E. (2020). Perancangan Sistem Keamanan Ruangan Akibat Kebocoran Gas Berbasis Internet of Things (IoT). JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 124-128. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.52

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.