Perancangan Robot Pembersih Lantai Berbasis Mikrokontroler Dengan Sensor Jarak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khairul Wildani Akbar
Elfizon Elfizon

Abstract

Salah satu inovasi yang memberikan kemudahan bagi manusia adalah robot pembersih lantai otomatis. Tujuan pembuatan  robot ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia, dalam membersihkan lantai. pembersihan lantai yang dilakukan secara manual sering membuat orang malas untuk melakukannya. Oleh karena itu, diciptakanlah robot pembersih lantai otomatis dengan menggunakan Arduino sebagai otak robot. Robot ini dirancang untuk bergerak secara otomatis, maju hingga bertemu dengan halangan atau rintangan. Ketika robot menghadapi halangan, robot akan berbelok ke kiri atau kanan sebesar 180 derajat  sehingga robot dapat terus membersihkan lantai dengan lancar. Robot ini memiliki dua mode pengendalian, yaitu manual dan otomatis. Dengan menggunakan empat buah motor DC, robot mampu bergerak maju dan mundur. Robot ini juga dilengkapi dengan kain pel yang diputar oleh motor DC untuk proses pengepelan lantai. Waterpump digunakan untuk menumpahkan air atau cairan pembersih ,Sensor ultrasonik di depan robot berfungsi untuk mendeteksi halangan atau rintangan pada jalur yang akan dilalui oleh robot. Hasil pengujian menunjukkan bahwa robot ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan di awal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akbar, K., & Elfizon, E. (2023). Perancangan Robot Pembersih Lantai Berbasis Mikrokontroler Dengan Sensor Jarak. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(2), 750 -. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i2.490

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.