Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kadar Alkohol Melalui Media Uap Berbasis Mikrokontroler

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rajhiv Naufal
Hansi Effendi
Hambali Hambali
Elfizon Elfizon

Abstract

Penggunaan alkohol sebagai pelarut pada parfum menimbulkan perdebatan tentang kehalalan produk parfum dalam agama islam. Sebagian masyarakat Muslim yang lain menganggap bahwa parfum beralkohol halal dipakai jika kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi dan tidak mengganggu kesehatan pemakainya dan juga orang-orang di sekitar yang mencium aroma wangi parfum tersebut. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah membuat alat ukur yang dapat mendeteksi persentase alkohol pada  parfum menggunakan sensor MQ3 untuk mempermudah pengguna dalam pemilihan parfum sesuai kadar alkohol yang diinginkan. Alat ini dirancang dengan menggunakan mikrokontroler Arduino yang dapat memonitoring kadar alcohol dalam parfum dan menampilkan persentasenya melalui LCD Oled serta memberikan informasi berupa suara melalui speaker. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibuat alat yang dapat mendeteksi kadar alcohol pada parfum untuk mempermudah pengguna dalam pemilihan parfum sesuai kadar alcohol yang diinginkan. Sensor MQ-3 sebagai pendeteksi kadar alcohol berupa data ADC yang telah dikategorikan nilainya berdasarkan 4 kategori yaitu kadar alcohol rendah, sedang, tinggi, dan tidak ada.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Naufal, M., Effendi, H., Hambali, H., & Elfizon, E. (2024). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kadar Alkohol Melalui Media Uap Berbasis Mikrokontroler. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 5(1), 41-49. https://doi.org/10.24036/jtein.v5i1.517

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.