Kendali Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Arduino Mega Berbasis HMI (Human Machine Interface)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eni Mariani Mariani
Hastuti hastuti

Abstract

Motor induksi 3 Fasa merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan untuk menggerakan berbagai beban/mesin. Dalam instalasinya, motor induksi 3 fasa dengan daya besar memerlukan rangkaian starting dan kendalinya seperti untuk membalik arah putaran, pengaturan kecepatan dan sebagainya Kecepatan motor induksi dapat dikontrol dengan memvariabelkan input frekuensi ke motor AC 3 phasa yang digunakan.  Pengaturan nilai masukan frekuensi pada motor induksi bisa dilakukan dengan menggunakan Inverter.  Inverter akan mengubah DC ke AC yang kemudian diatur dengan suatu teknik penyaklaran ‘switching‘ mengubah DC menjadi tegangan dan frekuensi keluaran AC yang bervariasi. Inverter yang digunakan ialah jenis PWM  menggunakan MOSFET  tipe IRP460N.  Frekuensi dapat diatur dan diubah melalui tampilan layar LCD HMI yang support terhadap mikrokontroller Arduino UNO dan Arduino MEGA . HMI (human machine interface) adalah suatu teknologi komunikasi antara manusia atau operator sebuah mesin yang dapat mempermudah pengontrolan sistem yang bekerja. Pada tugas akhir ini digunakan modul 3.5 ILI9486 TFT LCD touch screen sebagai perangkat pendukung komunikasi operator ke mesin.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mariani, E., & hastuti, H. (2020). Kendali Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Arduino Mega Berbasis HMI (Human Machine Interface). JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 179-186. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.70

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.