Rancang Bangun Alat Monitoring dan Kendali Kualitas Air pada Aquarium Berbasis Internet of Things (IoT)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irvan Arianto
Hastuti Hastuti
Ali Basrah Pulungan
Fivia Eliza

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu usaha yang bisa memberikan keuntungan bagi pembudidayanya. Kualitas air pada akuarium ikan hias harus selalu dalam kondisi yang optimal supaya pertumbuhan ikan hias tidak terganggu. Beberapa parameter kualitas air yaitu suhu, pH, serta tingkat zat padat yang terlarut dalam air. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi yang dikembangkan diharapkan akan memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun alat monitoring dan kendali kualitas air pada akuarium ikan hias berbasis Internet of Things (IoT). Dalam pembuatan alat ini menggunakan NodeMCU Esp32 sebagai pusat kendalinya. Alat ini menggunakan sensor suhu DS18B20 untuk mengukur temperatur air, sensor pH-4502C untuk mengukur pH air, dan sensor TDS DF-Robot untuk mengukur tingkat padatan yang terlarut pada air. hasil monitoring akan ditampilkan pada layar LCD. Adapun perangkat lunak (software) yang digunakan yaitu arduino IDE dan Telegram. Ketika kualitas air yang terukur tidak sesuai dengan kondisi normal maka akan dikirimkan notifikasi ke telegram dan akan dilakukan pengendalian secara otomatis. User (telegram) juga dapat mengakses data sensor secara manual dengan mengirimkan pesan tertentu pada chat bot telegram yang sesuai dengan program yang telah dibuat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arianto, I., Hastuti, H., Pulungan, A., & Eliza, F. (2024). Rancang Bangun Alat Monitoring dan Kendali Kualitas Air pada Aquarium Berbasis Internet of Things (IoT). JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(2), 1005-1013. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i2.549

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.