Rancang Bangun Sistem Presensi Menggunakan NFC Reader Berbasis ESP32

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yusuf Faisal
Hastuti Hastuti

Abstract

Presensi merupakan sistem yang digunakan untuk merekap data kehadiran disuatu perusahaan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan kehadiran dari anggota di suatu instansi/perusahaan. Contoh alat yang digunakan untuk presensi adalah finger print, yang mana proses pengambilan datanya menggunakan sidik jari, namun masih ditemukan kelemahan dari alat tersebut. Upaya untuk mengatasi kelemahan ini adalah dengan membuat alat presensi yang menggunakan NFC (Near Field Communication) Reader.  NFC menggunakan e-KTP dalam pendataan kehadirannya dengan cara sederhana menempelkan e-KTP (input) pada alat. Tujuan pembuatan alat presensi menggunakan NFC reader berbasis ESP32 adalah mengetahui tingkat ketepatan kehadiran user dengan memanfaatkan web server (Internet of Thing) sebagai database dan monitoring sistem pada alat presensi. Pengujian sistem presensi dilakukan selama 6 hari dalam kondisi jaringan internet yang berbeda dengan membandingkan data serial monitor dan data kehadiran pada web, didapatkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk alat mampu mengirimkan data menuju web adalah 2 detik, sehingga alat dikatakan mampu bekerja secara konsisten dan diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan dalam pendataan kehadiran. Sistem presensi yang dibuat akan lebih efektif bekerja jika perancang selanjutnya mampu menambahakan komponen untuk pendaftaran anggota (e-KTP)  guna meningkatkan efektifitas pada alat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Faisal, Y., & Hastuti, H. (2023). Rancang Bangun Sistem Presensi Menggunakan NFC Reader Berbasis ESP32. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(1), 306-313. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i1.399

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.