Rancang Bangun Pintu Air Otomatis Berbasis Arduino dan Monitoring Menggunakan Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M.Riski Arif Fathana
Riki Mukhaiyar

Abstract

Bendungan merupakan suatu tempat yang dibuat untuk tujuan menampung air dengan volume yang  besar dan di kontrol oleh manusia, karena itu bendungan saat ini memiliki fungsi yang sangat baik di daerah yang aliran air sungai nya besar dan curah hujann yang cukup tinggi, disamping itu bendungan juga bermanfaat dalam mengontrol aliran air di persawahaan yang ada di perdesaan. Saat ini sering terjadi human error pada petugas yang mengontrol kapan pintu air bendungan di buka dan juga saat pengontrolan ketinggian air. Penelitian pada skripsi ini berisikan tentang rancangan pintu air otomatis berbasis arduino dan monitoring menggunakan android. Prototype ini akan di rancang dengan bentuk yang menyerupai seperti bendungan. Fitur yang tedapat dalam prototype tersebut antara lain arduino sebagai kontroler dan blyink sebagai pengntrol ketinggian air dan membuka pintu air pada prototype dari jarak jauh melalui android. Bersdasarkan hal tersebut, dibuatlah rancangan prototype pintu air otomatis berbasis arduino dengan sensor ultrasonik yang mengukur ketinggian air dan motor Dc sebagai penggerak pembuka pintu air secara otomatis melalui android. Sehingga ketika diterapkan dapat mengurangi kelalaian dan human eror dari petugas penjaga bendungan kedepannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fathana, M., & Mukhaiyar, R. (2024). Rancang Bangun Pintu Air Otomatis Berbasis Arduino dan Monitoring Menggunakan Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 5(1), 81-89. https://doi.org/10.24036/jtein.v5i1.572

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.