Prototipe Robot Pembersih Lantai Berbasis Mikrokontroller dengan Sensor Ultrasonik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Milfiga Septa Yoski
Riki Mukhaiyar

Abstract

Banyaknya aktivitas diluar rumah membuat seseorang melupakan aktivitas sehari – harinya di dalam rumah, diantaranya membersihkan rumah. Perkembangan ilmu teknologi modern dan otomatisasi perangkat elektronik saat ini membuat pekerjaan menjadi lebih  mudah. Diantaranya dalam kegiatan memberishkan rumah, maka dari itu dibuatlah sebuah alat prototipe robot pembersih lantai berbasis mikrokontroller dengan sensor ultrasonik. Dimana robot dapat membersihkan dan mengepel lantai rumah dengan waktu yang telah ditentukan, serta robot ini dapat mengetahui halangan yang terdapat pada jalur yang akan dilalui oleh robot tersebut. Alat ini terdapat arduino uno dan arduino nano berfungsi sebagai pusat kontrolnya, RTC(Real Time Clock),  dimana untuk mengatur jadwal robot bekerja sesuai jadwal yang telah ditentukan, motor DC berfungsi sebagai roda robot tersebut, pompa DC berfungsi untuk menumpahkan cairan pembersih lantai, 2 motor DC yang berfungsi untuk mengepel lantai tersebut, dan FAN yang berfungsi untuk mengeringkan lantai serta terdapat sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya halangan yang terdapat pada jalur yang dilalui oleh robot. Dari pengujian yang telah dilakukan alat bekerja baik dan sesuai yang telah direncanakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yoski, M., & Mukhaiyar, R. (2020). Prototipe Robot Pembersih Lantai Berbasis Mikrokontroller dengan Sensor Ultrasonik. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 158-161. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.67

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.