Monitoring Kecepatan Angin berbasis Mikrokontroler dan IoT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizki Lailathul Isra
Riki Mukhaiyar

Abstract

Pembuatan alat monitoring kecepatan angin berbasis mikrokontroler dan iot ini berguna untuk memudahkan penyimpanan data setelah melakukan pengukuran kecepatan angin serta sebagai sistem pencegahan bencana yang disebabkan oleh angin itu sendiri. Dalam pembuatan alat monitoring kecepatan angin berbasis mikrokontroler dan iot ini menggunakan beberapa komponen yang terdiri dari aki 12 v, step down dc, Arduino uno, modul wifi ESP8266 dan sensor anemometer. Modul wifi terhubung dengan jaringan internet, lalu mengirim data hasil keluaran sensor anemometer, kemudian data akan disimpan dalam database thingspeak,  data kecepatan angin disimpan dalam website berupa grafik. Data pada android akan ditampilkan kecepatan angin beserta status, jika nilai kecepatan angin 0-≤1 m/s maka status kecepatan angin dalam keadaan aman, jika nilai kecepatan angin ≥1.1-≤3 m/s maka status kecepatan angin dalam keadan siaga dan adanya notifikasi pada Android, jika nilai kecepatan angin ≥3.1 m/s maka status kecepatan angin dalam keadaan bahaya dan terdapat notifikasi pada Android.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Isra, R., & Mukhaiyar, R. (2022). Monitoring Kecepatan Angin berbasis Mikrokontroler dan IoT. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(2), 437-447. https://doi.org/10.24036/jtein.v3i2.262

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.