Penggunaan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizky Fajar Ramadhan
Riki Mukhaiyar

Abstract

Penggunaan Smarthome pada masa modern seperti ini sangat efisien untuk mengendalikan perangkat dan alat-alat rumah tangga. Untuk membuat suatu pengendalian tersebut, dibutuhkan sebuah platform aplikasi sebagai jembatan untuk mengakses sistem yang telah dirancang pada Smarthome tersebut. Dalam penggunaanya database tersebut memerlukan server untuk menyimpan data, dimana server tersebut harus disewa perbulannya dan mengeluarkan biaya yang besar. Maka dari itu sistem penggunaan database MySQL dengan menggunakan Raspberry PiĀ  sebagai server utama. Dimana Raspberry Pi yang digunakan akan diatur untuk menjadi server publik sehingga bisa diakses secara bebas melalui perangkat yang tersambung dengan internet dimanapun user berada, pengaksesan database ini hanya menggunakan dns public dengan interface phpMyAdmin pada web browser contohnya: raspibroker.ddns.net/phpMyAdmin. Hasilnya penggunaan database tersebut tidak perlu penyewaan server agar bias diakses oleh user melalui perangkat yang memiliki akses internet karena penggunaan server telah diatasi melalui pembuatan server public menggunakan Raspberry Pi, selain memudahkan user dalam mengakses system penggunaan server public dari Raspberry Pi juga menghemat dana.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhan, R., & Mukhaiyar, R. (2020). Penggunaan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 129-134. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.55

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.