Rancang Bangun Kontrol Sepeda Motor Menggunakan Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

A Luthfi Widodo
Oriza Candra

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini pada bidang telekomunikasi sangat memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin bertambahnya penemuan penemuan yang canggih dan modern, yang sangat membantu manusia dalam beraktivitas sehingga tingkat kebutuhan terhadap teknologi terus mengalami peningkatan. Pada aplikasi terdapat beberapa tombol berintah seperti tombol ON/OFF sebagai menyalakan atau mematikankelistrikan pada sepeda motor, tombol START sebagai menghidupkan mesin pada sepeda motor, dan tombol cari sebagai indikator keberadaan sepeda motor. Apabila tombol di tekan maka kontroler akan mengaktifkan sesuai dengan tombol yang di tekan pada android. Pengujian ini dilakukan dengan cara menghubungkan sumber tegangan aki 12 VDC kebagian rangkaian catu daya (power supply). Pengujian rangkaian catu daya dilakukan  pada  komponen  terminal  output  regulator  tegangan. Pengujian rangkaian ini dilakukan  dengan  menggunakan  alat  ukur  multimeter  Sanwa Digital CD800a dan tegangan  sumber  sebesar 12,82  VDC yang berasal dari AKI. Pengukuran  yang  dilakukan  pada  rangkaian  catu daya adalah pada keluaran 7,00. Relay akan mengerjakan logika koil nya ketika perintah program High(1) dari program bahasa c+ oleh Arduino Nano, dan tidak akan menjalankan logika ketika di perintahkan dengan program Low(0). Dan jumlah relay yang di gunakan pada alat ini yaitu 5 buah relay Spdt 5 vdc, yang mana pada Relay 1 berfungsi untuk menghubungkan tegangan positif dan negatif kunci kontak, relay 2 berfungsi untuk menghubungkan tegangan negatif bateray(acu) ke bandick starter untuk mengaktifkan motor starter, relay 3 dan 4 berfungsi untuk menghubungkan tegangan positif dan negatif bateray ke komponen Sein Hazard, dan relay 5 untuk mengaktifkan tegangan pada komponen klakson.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widodo, A., & Candra, O. (2020). Rancang Bangun Kontrol Sepeda Motor Menggunakan Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 63-68. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.