Sistem Kontrol Alat Pemarut Singkong Otomatis Berbasis Mikrokontroler Untuk Industri Rumahan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Melati Trinindya Sari
Hastuti Hastuti

Abstract

Singkong merupakan umbi-umbian sebagai bahan makanan pokok dan sumber karbohidrat bagi tubuh. Pemarutan singkong meggunakan alat parut tradisional sangat menguras tenaga dan membutuhkan waktu lama saat pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat alat parutan singkong dengan sistem kontrol berat berbasis mikrokontroler untuk diterapkan pada industri rumahan. Perancangan ini dilengkapi arduino uno sebagai pengontrolan utama, sensor loadcell sebagai penimbang berat singkong, modul HX711 sebagai penguat sinyal keluaran loadcell. Sebagai switch otomatis menggunakan relay satu channel 5V dalam mengendalikan keluaran berupa motor induksi satu fasa 125 Watt. Pada motor induksi terdapat pisau pemarut untuk mencacah singkong. Untuk informasi kinerja sistem menggunakan display LCD. Hasil pengujian dari alat pemarut singkong ini menunjukan input dan output sistem bekerja dengan baik dan sesuai fungsinya masing-masing. Loadcell dapat membaca nilai berat dengan selisih rata - rata 5 gram dari nilai sebenarnya. Diperoleh durasi pemarutan untuk memarut 1000 gram singkong kurang dari 1 menit dan untuk memarut 3000 gram kurang dari 3 menit. Alat pemarut singkong ini menghasilkan singkong parut bertekstur halus, tidak bergerindil dan berserat sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku olahan makanan pada industri rumahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, M., & Hastuti, H. (2022). Sistem Kontrol Alat Pemarut Singkong Otomatis Berbasis Mikrokontroler Untuk Industri Rumahan. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(1), 233-240. https://doi.org/10.24036/jtein.v3i1.237

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.