Rancang Bangun Alat Pengering Pisang Sale Berbasis Mikrokontroler dan Internet of Things (IoT)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yanda Puja Kusuma
Oriza Candra

Abstract

Pisang merupakan salah satu buah dengan produksi yang melimpah di Indonesia. Untuk memanfaatkan hal tersebut pisang dapat diolah menjadi olahan pisang sale, agar pisang memiliki waktu simpan yang lama. Salah satu proses yang terpenting dalam pembuatan pisang sale adalah pengeringan. Pengeringan pisang sale biasanya dilakukan secara dengan penjemuran memanfaatkan sinar matahari. Pengeringan dengan cara ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak terlalu higienis karena dapat terkontaminasi debu, polusi asap kendaraan bermotor, dan kotoran burung. Selain itu pengeringan dengan cara konvensional ini tidak dapat dilakukan pada saat hujan dan malam hari. Oleh karena itu perlu dibuat alat pengering untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengeringan pada alat ini menggunakan udara panas yang dihasilkan heater. Alat ini terdapat mikrokontoler sebagai pusat kendali alat, fan DC untuk sirkulasi udara dan menurunkan suhu, keypad untuk mengatur set poin, lcd dan Thinger IO sebagai media monitoring. Alat bekerja secara otomatis, ketika suhu belum mencapai set poin maka heater hidup, sedangkan ketika suhu telah mencapai set poin maka heater mati dan fan akan hidup, sehingga panas yang dihasilkan stabil pada sekitaran set poin. Ketika telah mencapai kelembaban yang diinginkan buzzer akan berbunyi sebagai indikator bahwa pengeringan telah selesai. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa alat ini bekerja dengan baik sesuai dengan perancangan. Pengeringan pisang sale dapat mencapai kelembaban 20% dengan waktu 5 jam, lebih cepat dari pada pengeringan konvensional yang menggunakan sinar matahari, dan terhindar dari kontaminasi debu dan polusi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kusuma, Y., & Candra, O. (2021). Rancang Bangun Alat Pengering Pisang Sale Berbasis Mikrokontroler dan Internet of Things (IoT). JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 2(2), 210-216. https://doi.org/10.24036/jtein.v2i2.169

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.