Sistem MPPT Pengisian Baterai dengan Solar Cell untuk Mobil Listrik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Chris Septiyan
Taali Taali

Abstract

Solar panel merupakan sumber energi terbaru yang efisien dan ramah lingkungan. Prinsip kerja solar cell yaitu melewati efek fotolistrik dimana bahan-bahan tertentu menciptakan aliran listrik pada cahaya matahari dan menghasilkan arus searah (DC). Sistem pengisian baterai solar cell dengan memanfaatkan cahaya matahari, Watt Peak (WP) adalah satuan yang menyatakan daya produksi tertinggi yang dapat dihasilkan oleh panel surya per satuan waktu. Satuan ukuran panel surya ini didapat dari jumlah produksi daya yang didapat ketika matahari bersinar dengan tingkat radiasi tertinggi. Penyinaran matahari tidak selalu stabil dalam satu hari, matahari mengalami puncak hanya 3 – 5 jam/hari tergantung lokasi. Waktu ideal panel surya menghasilkan daya terbaik (Pmax), yang ditunjukan dalam Wp. Sedangkan untuk menghasilkan daya yang maksimum dibutuhkan pengontrolan tracker panel surya diantara nya maximum power point tracker (MPPT). Dengan menggunakan pengontrolan tracker panel surya yaitu maximum power point tracker (MPPT) maka daya keluaran panel surya akan semakin maksimum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Septiyan, C., & Taali, T. (2020). Sistem MPPT Pengisian Baterai dengan Solar Cell untuk Mobil Listrik. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 224-228. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.77

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.