Smart Control and Monitoring System Motor Induksi 3 Fasa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Athaya Atsiq
Taali Taali
Aswardi Aswardi
Muldi Yuhendri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pengoperasian motor induksi 3 fasa dengan mengimplementasikan sistem kontrol dan  monitoring yang efisien dan dapat diakses secara jarak jauh melalui jaringan internet. Pada penelitian ini, dilakukan pemrograman dan pengaturan parameter pada ATV 12 untuk mengendalikan kecepatan motor induksi 3 fasa melalui PLC M221. HMI GXU-3512  digunakan sebagai antarmuka untuk memudahkan pengguna dalam memantau dan  mengendalikan motor secara local control, sedangkan smartphone / PC digunakan untuk remote control. Parameter yang dapat diukur adalah nilai tegangan, arus, frekuensi, daya dan kecepatan putaran motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang diimplementasikan dapat mengontrol dan memonitor motor induksi 3 fasa dengan efisien dan akurat. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan informasi motor dari jarak jauh melalui jaringan internet.Dengan adanya sistem pengontrolan dan monitoring ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja motor induksi 3 fasa, serta meminimalkan risiko kerusakan dan kecelakaan yang mungkin terjadi. Sistem ini juga dapat menjadi acuan bagi industri dalam mengembangkan sistem pengontrolan dan monitoring motor induksi yang lebih efisien dan efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Atsiq, A., Taali, T., Aswardi, A., & Yuhendri, M. (2023). Smart Control and Monitoring System Motor Induksi 3 Fasa. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(1), 115-124. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i1.374

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.