Sistem Pengukuran dan Pengiriman Data Arus Listrik menggunakan Power Line Carrier

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Fajri
Risfendra Risfendra

Abstract

Power Line Carrier (PLC) adalah suatu sistem yang memanfaatkan jaringan listrik sebagai media komunikasi baik untuk pusat kontrol, pembangkit dan gardu induk. Salah satu kelebihan lain dari PLC ini adalah kemampuannya untuk bisa digunakan dalam jarak yang sangat jauh beberapa ratus kilometer tanpa menggunakan repeater. PLC yang digunakan pada penelitian ini dirancang berdasarkan pada FSK-KQ330. Sensor yang digunakan adalah sensor ACS712, sensor tegangan, mikrokontroler sebagai adc dan menampilkan data hasil pengukuran arus listrik pada LCD 16x2. Pada penelitian ini, data arus yang akan dikirim dari transmiter ke receiver adalah data arus dengan laptop sebagai beban. Hasil pengukuran arus dari sensor adalah sebesar 1153mA. Dan setelah dikirim ke receiver dengan menggunakan modem Power Line Carrier data yang dibaca 1153mA. Tingkat keberhasilan pengiriman data arus listrik menggunakan Power Line Carrie dari transmiter ke receiver 100% dalam satu gedung dengan kecepatan transfer 9800 bautrate (kecepatan hubungan serial).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fajri, M., & Risfendra, R. (2020). Sistem Pengukuran dan Pengiriman Data Arus Listrik menggunakan Power Line Carrier. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 37-42. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.33

References

[1] Yin Qun, Zhang Jianbo. 2014. Design of Power Line Carrier Communication System based on FSK-KQ330. China. Jurnal Management Engineering and Science from Kunming University of Science and Technology, China Vol. 62 No 03, 2014.
[2] Kristiana, Rita. 2008. “Rancang Bangun Proses Penyambungan Switching pada Sistem PLC (Power Line Communication)”. Tugas Akhir. Depok. Universitas Indonesia.
[3] Andrianto, Heri. 2010. Kajian Penerapan Teknologi Broadband Over Powerlines di Indonesia. Electrical Engineering Journal. ISSN 1979-2867 Vol. 1 No. 1.
[4] Rahmadani, Alan. 2017. Pemantauan Petugas Keamanan Lingkungan Perkantoran Berbasis Power Line Carrier. Tugas Akhir. Padang: Politeknik Negeri Padang.
[5] Alfahrizi, afdol. 2017. Rancangan Bangunan Alat Monitoring Suhu Tranfomator Menggunakan PowerLine Carrier Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Padang:Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang.
[6] Abubakar, dkk. 2017. “Calibration of ZMPT101B Voltage Sensor ModSule using Polynomial Regression for Accurate Load Monitoring”. APRN Journal of Engineering and Applied Sciences Vol 12 No. 4.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.