Alat Monitoring Beban Trafo Tiga Phasa Menggunakan Arduino Berbasis Web

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Usman Nasution
Sukardi Sukardi

Abstract

Listrik sudah merupakan menjadi kebutuhan sekunder manusia, yang dimana segala segi kehidupan manusia sudah terkoneksi ke listrik. Maka dari itu pada pendistribusian energy listrikke konsumen  harus slalu terjaga ke stabilannya. Padasaat pendistribusian energy listruk, gangguan yang sering terjadi adalah gangguan ketidakstabilan beban pada trafo, gangguan ini akan megakibatkan mangalirnya arus pada penghantar netral, dan lebih parah akan mengkibatkan kerusakan pada transformator itu sendiri. Maka oleh karena itu, perlu dibuat suatu alat monitoring beban trafo berbasis mikrokontroler berbasis web, sehingga jika terjadi ketidak stabilan beban akan bisa dengan cepat dapat dideteksi. Dan ini akan menghemat waktu dalam pemonitoringan beban transformator yang masih dilakukan secara langsung ke tempat transformator  tersebut dengan jadwal yang telah ditentukan. Sensor sct013 yang dipasang pada trafo tersebut akan membaca arus dan sensor zmpt101b  akan membaca tegangan dari trafo tersebut, dan hasil pembacaan tersebut akan di diolah oleh arduino mega 2560, hasil dari pengolahan tersebut akan di tampilkan dalam lcd berupa tanggal, tegangn, arus, dan daya. Selain itu hasil dari pembacaan sensor yang telah di olah arduino ini dikirim ke database yang telah dibauat. Proses pengiriman data dari arduino ini dilakukan oleh modul esp8266-01 yang telah di konfigurasi dengan arduino. Sehingga pemonitoringan  beban trafo bisa di lihat kapan pun di website alinasution.epizy.com.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nasution, A., & Sukardi, S. (2020). Alat Monitoring Beban Trafo Tiga Phasa Menggunakan Arduino Berbasis Web. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 92-98. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.32

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.