Penggunaan Aplikasi Ubidots untuk Sistem Kontrol dan Monitoring pada Gudang Gula Berbasis Arduino UNO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agung Tri Putra
Risfendra Risfendra

Abstract

Gula merupakan bahan pokok pangan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari baik dalam rumah tangga maupun industri. Banyak industri yang mengalami masalah pada saat proses penyimpanan gula karena sulit nya mengontrol dan memonitoring suhu serta kelembaban pada gudang penyimpanannya. Dengan menggunakan aplikasi Ubidots sebagai alat untuk mengontrol dan memonitoring yang bisa dioperasikan secara bersamaan. Aplikasi ini merupakan platform yang mempermudah user dalam pengambilan data dari sensor DHT22 dan mengubahnya menjadi informasi.  Untuk membantu user dalam pengumpulan data disatu penyimpanan, Ubidots juga menyediakan API (Application Programming Interface) untuk melakukan perubahan dan pengambilan data dari web server. Proses pengiriman data ke aplikasi dan web server dioperasikan secara online dengan kata lain memerlukan jaringan internet. Pengiriman dan penerimaan data ini menggunakan NodeMCU sebagai mpdul wi-fi pada sistem ini. Dalam hasil akhirnya aplikasi Ubidots dapat melakukan pengontrolan buka tutup gerbang dan monitoring suhu kelembaban dari aplikasi secara real time maupun pembambilan data kembali menggunakan API pada web server sehingga didapatkan gula dengan kualitas yang baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, A., & Risfendra, R. (2021). Penggunaan Aplikasi Ubidots untuk Sistem Kontrol dan Monitoring pada Gudang Gula Berbasis Arduino UNO. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 2(1), 40-48. https://doi.org/10.24036/jtein.v2i1.120

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.