Sistem Kendali dan Monitoring Boost Converter Berbasis GUI (graphical user interface) Matlab Menggunakan Arduino

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aswaldi Alfaris
Muldi Yuhendri

Abstract

Artikel ini membahas tentang perancangan sebuah rangkaian converter DC-DC tipe Boost Converter(Penaik tegangan). Rangkaian ini menggunakan GUI (Graphical User Interface) sebagai monitoring. Untuk menaikkan tegangan Boost Converter dilakukan dengan mengatur PWM (Pulsa Width Modulation) menggunakan potensio. Arduino sebagai kontroler penerima respon dari pembacaan sensor. Untuk mengatur besar kecilnya PWM digunakan komponen switching berupa mosfet. Gate drive digunakan sebagai penguat sinyal dan pengaman antara rangkain kontrol dan rangkaian utama. Tegangan masukkan konverter ini adalah 12VDC dengan tegangan keluaran variabel 12VDC-24VDC. Pada rangkaian ini GUI berhasil ditambahkan untuk menampilkan beberapa data dari pembacaan sensor tegangan(Volt) dan sensor arus(Ampere). Hasil dari pembacaan sensor berupa nilai dan grafik ditampilkan pada PC menggunakan software Graphical User Interface (GUI) Matlab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alfaris, A., & Yuhendri, M. (2020). Sistem Kendali dan Monitoring Boost Converter Berbasis GUI (graphical user interface) Matlab Menggunakan Arduino. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 266-272. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.83

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.