Pengontrolan Electro Conductivity pada Larutan Nutrisi Hidroponik Berbasis Arduino

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syafa Aprillia
Dwiprima Elvanny Myori

Abstract

Hidroponik merupakan pola cocok tanam dibidang pertanian tanpa media tanah dan memberdayakan air. Air pada tanaman hidroponik ini merupakan air yang mengandung nutrisi. Nutrisi tersebut harus diketahui kadar nilai EC (Electro Conductivity). Permasalahan yang sering terjadi pada petani yaitu keterbatasan waktu untuk memantau tanaman hidroponik secara terus menerus. Jka cairan nutrisi tidak dipantau secara rutin dan teliti, dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman yang tidak optimal pada kualitas tanaman sayur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pengontrolan kadar EC pada tanaman hidroponik dan mengontrol level air pada tandon. Pada penelitian ini terdiri dari pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk mengukur nilai EC tersebut digunakan sensor EC meter yang terhubung dengan Mikrokontroller Arduino uno sebagai pusat pengendalian sistem. Setelah dilakukan beberapa kali percobaan pada alat ini, semua komponen dan sistem kerja alat ini mampu bekerja sesuai dengan tujuan penelitian. Penerapan sistem otomatis penambahan cairan nutrisi pada tanaman hidroponik dapat mempermudah petani dalam hal perawatan dan pemantauan tanaman hidroponik tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aprillia, S., & Myori, D. (2020). Pengontrolan Electro Conductivity pada Larutan Nutrisi Hidroponik Berbasis Arduino. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 261-265. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.89

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.