Sistem Monitoring Kendaraan Bermotor dengan Informasi GPS Berbasis Mikrokontroler dan Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Eka Putri
Hendri Hendri

Abstract

Kendaraan bermotor adalah benda yang rentan hilang karena adanya tindakan pencurian. Untuk mengantisipasi  tindakan pencurian tersebut, maka sepeda motor tidak hanya dapat mengandalkan kunci ganda tambahan, seperti kunci gembok yang dipakai pada cakram roda sepeda motor. Sepeda motor perlu dilengkapi dengan sistem yang dapat digunakan untuk melacak posisi kendaraan dan mengendalikan sepeda motor dari jarak jauh oleh pemiliknya. Umumnya sepeda motor jarang yang memiliki GPS, terutama pada sepeda motor jenis Honda beat, maka sepeda motor perlu dilengkapi dengan perangkat dan sistem keamanan yang dapat terhubung ke android pemilik kendaraan. Sistem keamanan ini menggunakan Mikrokontroler Atmega 328 sebagai modul utama dan sebagai pengendalian modul-modul lainnya. Pada sistem ini juga diperlukan relai dc yang digunakan sebagai saklar, sensor GPS untuk mencari lokasi, wifi modul ESP 8266 untuk mendapatkan jaringan internet dan menghubungkan sistem yang ada pada sepeda motor dengan android pemilik. Pada android pemilik, diinstal aplikasi Telegram. Hasil penelitian pada tugas akhir ini berupa perangkat keamanan yang bisa dikontrol dari jarak jauh dan juga digunakan untuk mendapatkan data lokasi sepeda motor dengan akurat menggunakan koneksi internet.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, D., & Hendri, H. (2020). Sistem Monitoring Kendaraan Bermotor dengan Informasi GPS Berbasis Mikrokontroler dan Android. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 234-240. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.84

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.