Otomasi Kontrol Pengisian Fluida Bertekanan Pada Mortir Latih 81 POLTEKAD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Machmud Indra Permana
Heri Setiawan
Dedi Pradigdo
Dekki Widiatmoko
Mokhammad Syafaat

Abstract

Pertahanan dan keamanan memegang peran krusial dalam kehidupan suatu negara. Pengembangan sistem senjata menjadi unsur integral untuk menjamin kehandalan dan efektivitas pertahanan. Mortir latih 81 Poltekad (Politeknik Angkatan Darat) memiliki peran vital dalam pelatihan militer, terutama dalam pengisian fluida bertekanan untuk operasionalnya. Pengisian gas secara manual pada mortir latih 81 Poltekad dapat menimbulkan beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Salah satu kelemahan utamanya adalah potensi risiko keamanan yang muncul akibat campur tangan manusia dalam proses tersebut. Sistem manual dalam pengisian fluida gas dapat meningkatkan peluang kesalahan manusia, baik dalam mengukur jumlah fluida yang diisi maupun menangani peralatan pengisian. Kesalahan semacam itu dapat berakibat pada kerugian signifikan dan bahkan membawa risiko kecelakaan serius. Selain itu, proses manual cenderung memerlukan waktu lebih lama. Penelitian ini mencari solusi melalui eksplorasi otomasi kontrol pengisian fluida bertekanan pada mortir latih 81 Poltekad menggunakan sensor tekanan, aktuator dan kontroler mikroprosesor. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan proses pengisian amunisi. Dengan tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan aliran fluida selama proses pengisian, mengurangi risiko kesalahan manusia, dan meningkatkan akurasi jumlah amunisi yang diisi. Hasil eksperimen menunjukkan potensi sistem otomasi ini dalam meningkatkan kinerja dan keamanan pengisian fluida bertekanan pada mortir latih 81, memberikan kontribusi positif terhadap modernisasi dan efisiensi dalam latihan militer.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permana, M., Setiawan, H., Pradigdo, D., Widiatmoko, D., & Syafaat, M. (2024). Otomasi Kontrol Pengisian Fluida Bertekanan Pada Mortir Latih 81 POLTEKAD. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 5(1), 157-165. https://doi.org/10.24036/jtein.v5i1.602

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.