Design And Construction Of An Automatic Sluice Control System On Dams

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Husni
Oriza Candra

Abstract

Pada bendungan-bendungan yang sudah ada, digunakan pintu air untuk mengatur banyaknya air dalam bendugan itu. Pintu air dikendalikan oleh manusia yang bertugas menjaga supaya air dalam bendungan tetap stabil. Dalam hal ini tidak melebihi batas yang sudah ada. Oleh karena itu, petugas penjaga pintu air harus siap siaga setiap saat. Alat ini berguna sebagai pengganti tenaga manusia. Dengan pernyataan semakin berkembangnya teknologi yang canggih, dengan mengkombinasikan antara aurduiono nano dengan motor dc sebagai pengangkat pintu air. Pengendali pintu air  ini bekerja secara otomatis. Sensor ultrasonik ping mendeteksi ketinggian air dan diolah oleh aurduiono nano lalu data berupa ketinggian air yang dideteksi akan ditampilkan pada layar LCD. Sedangkan buzzer sebagai tanda apabila air melebihi ketinggian 5 cm dan buzzer akan berbunyi.. Untuk dapat membuka dan menutup pintu air digunakan motor DC. Setelah dilakukan pengujian alat maka diperoleh hasil bahwa alat dapat bekerja dengan baik sesuai dengan perancangannya dan mengendalikan pintu air secara otomatis sesuai dengan data ketinggian air yang telah diinputkan pada program yaitu <= 2 cm dengan keadaan AMAN, 3-5 cm dengan keadaan NORMAL dan >5 cm dengan keadaan WASPADA. Pada saat keadaan WASPADA  buzzer akan aktif maka pintu air akan terbuka secara otomatis dan akan tertutup jika ketinggian air <= 2cm dengan keadaan  AMAN.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Husni, M., & Candra, O. (2024). Design And Construction Of An Automatic Sluice Control System On Dams. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 5(1), 90-98. https://doi.org/10.24036/jtein.v5i1.578

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.