Prediksi Kebutuhan Energi Listrik 25 Tahun Mendatang di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wayan Suparta
Dulhadi Dulhadi
Achmad Badawi

Abstract


Meningkatnya kebutuhan energi listrik di wilayah Kabupaten Gunung Kidul disebabkan oleh tumbuhnya industri dan pariwisata seperti perumahan, kafe, dan mulai dibangunnya pabrik-pabrik baru. Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, penelitian ini diawali dengan menganalisis bagaimana pasokan energi listrik hingga 25 tahun ke depan dapat terpenuhi. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier yang memperhitungkan pertumbuhan beban daya listrik pada kategori beban sosial, rumah tangga, dunia usaha, industri dan pariwisata dengan menggunakan data tahun 2019-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2046, kebutuhan listrik akan mencapai 103.521 MVA dimana kebutuhan energi listrik harian sebesar 2.112 GWH dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sekitar 1,8%. Artinya, dalam 25 tahun ke depan perlu adanya peningkatan daya listrik sebesar 31.521 MVA dibandingkan saat ini.



##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suparta, W., Dulhadi, D., & Badawi, A. (2024). Prediksi Kebutuhan Energi Listrik 25 Tahun Mendatang di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 5(1), 63-71. https://doi.org/10.24036/jtein.v5i1.543

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.