Sistem Sterilisator Otomatis Berbasis Arduino Uno

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Aditya
Dwiprima Elvanny Myori

Abstract

Sterilisasi adalah suatu proses membunuh segala bentuk kehidupan mikroorganisme yang ada pada sample, alat-alat atau lingkungan tertentu Secara teknis.”Permasalahan yang sering dihadapi oleh tenaga medis untuk mensterilkan alat adalah segi keefektifan waktu. Dalam perancangan“tugas akhir ini bertujuan untuk menciptakan sebuah alat”Sistem Sterilisator Otomatis berbasis Arduino Uno yang menjadi alat untuk mensterilkan peralatan medis yang sifatnya bisa dipakai ulang dengan waktu dan suhu yang lebih akurat. Alat Sistem Sterilisator Otomatis berbasis Arduino Uno ini dapat diatus berapa waktu dan suhu yang diiinginkan sehingga lebih efisien untuk digunakan bagi para tenaga medis. Dengan menggunakan Thermocouple sebagai sensor suhu dan besaran suhu yang terukur akan ditampilkan pada Liquid Crystal Display (LCD). Untuk sistem kontrol menggunakan Arduino Uno untuk pemprosesan data. Cara kerja alat ini adalah dengan mengatur berapa waktu dan suhu yang diinginkan kemudian teakan tombol start, selanjutnya heater akan bekerja secara otomatis sampai suhu yang diinginkan tercapai dan setelah waktu dan suhu telah tercapai maka buzzer akan aktif menandakan proses sterilisasi telah selesai. Dari hasil penelitian menyimpulkan, proses sterilisasi membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapai suhu 1200C, dari hasil analisa alat ini tergolong lebih baik dibandingkan dengan alat yang sebelumnya yang membutuhkan waktu 30 – 60 menit untuk mencapai suhu 1000C.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aditya, M., & Myori, D. (2020). Sistem Sterilisator Otomatis Berbasis Arduino Uno. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 99-109. https://doi.org/10.24036/jtein.v1i2.49

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.