Design System Warning & Safety Escalator dengan HMI Berbasis PLC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dimas Nur Prakoso
Yuli Prasetyo
Basuki Winarno
Budi Triyono

Abstract

Eskalator Otomatis Merupakan suatu alat transportasi vertical yang dapat memindahkan satu orang ataupun lebih, dari lantai dasar menuju ke lantai atas atau berikutnya maupun sebaliknya, Tidak jarang pengguna Eskalator mengabaikan keselamatan mereka dengan tidak memperhatikan & keselamatan. Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi di eskalator terutama pada anak-anak yang disebabkan oleh kelalaian dan juga kurangnya safety system yang ada pada escalator. Warning & Safety Sistem pada Eskalator otomatis merupakan suatu sistem pengaman pada eskalator otomatis berbasis PLC (Programmable Logic Controller), sebagai control utama yang dirancang untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada penggunaan Eskalator, dan HMI (Human Machine Interface), sebagai media monitoring kerja dari system yang telah dirancang. Sensor Photoelectric ditanamkan pada sistem ini berfungsi sebagai input ke PLC sekaligus sebagai saklar dari warning & safety system pada eskalator yang kemudian sinyal input dari sensor tersebut diolah oleh PLC. Output yang dihasilkan berupa sinyal untuk menggerakan pada motor reverse dan bunyi dari sistem peringatan. Dengan adanya alat ini memanfaatkan sensor Photoelectrik yang diatur jaraknya dari 5 cm, 10 cm, 20 cm, 40 cm dan 80 cm dimana jika sensor off maka tegangan output bernilai 0 VDC dan jika on maka tegangan v output bernilai 5,03 VDC.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prakoso, D., Prasetyo, Y., Winarno, B., & Triyono, B. (2023). Design System Warning & Safety Escalator dengan HMI Berbasis PLC. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(2), 490 -. https://doi.org/10.24036/jtein.v4i2.356

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.